Sabtu, 04 April 2015

Teknologi Pintar Honda, Mengerti Kebutuhan Kaum Hawa

Cerita berawal dari keinginan saya membeli motor baru sekedar untuk wira-wiri beli sayur di warung. Suami saya nanya "Mau motor apa mah?", serta merta saya jawab "Ya Honda lah, apalagi?".

Mungkin karena udah sejak jaman sekolah dulu selalu pakai sepeda motor honda, jadi kebawa-bawa hingga beranak-pinak gini teteup gak bisa pindah ke lain hati alias gagal move on dari honda. *eaaaa.
Akhirnya terbelilah itu motor matic all new honda beat eSP. Pertamanya saya gak begitu peduli sama fitur-fitur sepeda motor itu, secara emak-emak gituh, males mikirin urusan teknologi kendaraan. Yang penting honda ajah dan bisa jalan. Nyahaha, parah.

Penampakan motor baru saya

Sepeda motor itu saya kasih nama Bebibob, terinspirasi dari film kartun yang sering ditonton anak-anak saya. Langsung aja deh saya ajak si Bebibob reyen muter-muter kompleks perumahan daann... kesan pertamanya...... "saya suka saya suka" *memey mode on.
Keren beneran lho. Teknologi pintar honda yang sering saya lihat di iklan-iklan tv itu gak bohong berati. Haha.

Ada empat hal utama yang bikin saya jatuh hati pada tunggangan pertama (tunggangan?? Kuda kalee)

1. Starter
Gilak starternya alus binggooo. Gak kedengeran suara "cekikikik" kaya sepeda motor umumnya kalo pas di-starter. Berguna untuk "nyimpekke" anak-anak kalo pas saya mau ke warung tanpa ngajakin mereka. Jadi mereka gak denger waktu emaknya nyalain motor. Haha. *emak jahat. Inilah salah satu keunggulan teknologi eSP Honda dengan ACG starternya



2. Idling Stop
Ada menu baru yang saya temukan di sepeda motor saya, yaitu tombol idling stop di deket setang kanan.
Kebiasaan saya saat berkendara adalah suka matiin motor pas sampai lampu merah. Apalagi kalau lampu merahnya nyampe ratusan detik. Biar ngirit bo' *emakpelit. Nanti kalo lampu udah hijau, baru saya nyalakan lagi mesin motor. Naah rupanya kebiasaan ini diadopsi oleh honda melalui teknologi pintarnya yaitu idling stop systen. Sepeda motor akan otomatis mati saat pengendara tidak memutar gas selama 3 detik. Saat mau jalan lagi tinggal putar tuas gas pelan dan taraaa... dia akan nyala lagi dan langsung jalan. Gak usah riweuh on/off-in kunci kontak. Waaaw!! Oke gak seeh? Cucok banget untuk program pengiritan anggaran pengeluaran ibu-ibu. Hihihi.



3. Rem
Remnya euy, pakem pisan. Tau dong gimana emak-emak itu kalo naik motor? Sluman slumun slamet kalo bahasa jawanya. Ngerem mendadak tak pernah ketinggalan. Biasanya kalo ngerem kan harus pakai dua tangan, rem depan dan belakang kan ya biar seimbang. Naah Honda mempemudah urusan pengereman ini dengan teknologi CBS (Combi Break System). Jadi cukup menarik tuas rem kiri, rem depan dan rem belakang dapat berfungsi dengan tepat dan seimbang.


4. Lebih irit dan ramah lingkungan
Belom pernah ngukur beneran sih tingkat keiritan si bebibob. Saya isi bensin 3-4 hari sekali, kadang malah seminggu kalo cuma motoran jarak dekat (Yaiyalah. Haha). Wis gak tau lah, pokoknya saya ngerasa lebih irit yang ini dibandingkan motor-motor saya sebelumnya. Dan secara teori emang lebih irit kaan, secara ada idling stop system itu tadi, jadi bensin gak kebuang sia-sia dan dengan demikian otomatis lebih ramah lingkungan dong, ngurangin polusi udara. Teknologi ini disebut PGM F1 yang intinya si motor honda ini sudah dirancang untuk bisa memasok bahan bakar dan oksigen dengan tepat sesuau kebutuhan mesin di setiap keadaan sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan.



Oke. Secara overall, gak nyesel deh udah milih sepeda motor honda. Teknologi pintarnya itu lho, ngertiiii banget akan kebutuhan emak-emak rempong seperti saya ini. Jatuh hati lagi dan lagi deh sama honda :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog Teknologi Pintar Honda"



1 komentar:

Powered By Blogger