Jumat, 15 April 2016

Bergantung Pada Suami, Ada yang Salah??



Apa sih rasanya kalo ada orang yg kenal cuma sebatas nge add fren setelah baca status kita di fb, moro2 nge chat spt itu?
Pengen sih dilanjutin panjang lebar gitu, biar seru,  tapi katanya menahan diri dari kesia2an selalu lebih baik kan ya? Jadi ya sudah lah, tahan hawa nafsumu buat muni2.

Btw saya kok jadi bete dengan kalimat, "biar gak terlalu bergantung pada suami" ya...
Adakah yang salah dengan "istri yang bergantung pada suaminya"? (Gak usah komen 'satu2nya tempat bergantung itu Gusti Allah' ya, di luar konteks)

Kesannya bergantung pada suami itu adalah perbuatan yang merendahkan harga diri para istri. Terlalu bergantung itu yang kaya apa? Sejauh mana?
Apakah kalo istri beli lipstik, bedak, gamis, atau kerudung pake uang suami, artinya terlalu bergantung pada suami? Sedangkan kalo beli barang2 itu pake uang sendiri lebih tidak bergantung? lebih bermartabat?
Apa istri2 yang gak bekerja, gak menghasilkan uang itu kedudukannya jadi lebih gak keren dibandingkan istri2 yang kerja atau menghasilkan uang?

Seolah sudah jadi pemikiran yang mendarah daging bahwa istri  selayaknya harus bisa menghasilkan uang sendiri atau mandiri secara finansial. Biar gak ngrepotin suami, biar gak bergantung sama suami, biar gak 'bisanya cuma minta', biar gak disia-sia, biar gak inferior, biar posisi tawarnya gak rendah dan biar2 yang lain.

Bukankah suami itu ada, salah satunya buat 'digantungi'? Lewat kewajiban yang dibebankan padanya untuk menafkahi anak istri. Jadi, suami itu udah didesain dari sononya buat 'direpotin', buat 'digantungin' anak istri. Nah... lipstik, bedak, gamis dkk itu termasuk salah satu wujud menafkahi, memenuhi kebutuhan istri. Syukur2 kalo istri bisa beli itu semua pake uang sendiri. Itu namanya bonuus.
Lagian sebagian besar suami biasanya lebih senang saat 'digantungi' sama anak istri. Semacam ada pengakuan terhadap eksistensinya, bahwa dia dibutuhkan.
Kalo diberi nafkah dianggap sebagai bentuk ketergantungan istri terhadap suami, lha trus apa gunanya nikah?
Bukankan setelah menikah tak ada aku tak ada kamu melainkan kami? Jadi seharusnya gak ada yang ngrepoti dan direpoti. Adanya saling melengkapi.

Bukankah pernikahan bukan ajang pertunjukan superioritas vs inferioritas suami istri? Pernikahan ada untuk saling melengkapi, menutupi kekurangan satu sama lain.
Kalo dalam bahasa jawa, pasangan itu disebut Garwa: Sigaraning Nyawa (Separuh Aku kalo kata kang ariel). Jadi dua2nya saling melengkapi biar bisa utuh.  Suami berkewajiban memberi nafkah istri, selanjutnya istri berkewajiban menjaga dan mengelola harta sang suami. Ituu...
Kalo dua2 nya sudah melakukan kewajibannya, niscaya mereka akan mengerti apa artinya kenyamanan , kesempurnaan cintaaa..

Note: tulisan ini gak membahas tentang istri2 yang mau gak mau tetap harus  bekerja ya. Entah buat bantu perekonomian keluarga atau terpaksa jadi tulang punggung keluarga atau karena suami yang emang gak bisa digantungi atau karena hal2 lain yang semacamnya


7 komentar:

  1. sepaket eh sepakat banget mbak, bagi saya pernikahan adalah ke-salingbergantung-an *hihii bahasanya apa ya yg tepat? :D suami salah satunya tempat bergantung perihal nafkah/materi, kepemimpinan, dll. istri tempat bergantung dalam hal madrasatul ula, mendidik anak, manajemen, urusan domestik, dll. semua sudah ada porsinya, dan boleh untuk saling membantu..

    memang sebaiknya mengajak seseorang melakukan suatu kebaikan dengan cara yg baik ya mbak.. saya pribadi menghindari ajakan2 yg bersifat "merendahkan" seperti itu, langsung ilfeel and blacklist dah, hehehehe

    salam kenal mbak, mohon maaf kalo ada salah kata ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia mbak. Kalo bekerja untuk sekedar biar gak bergantung pd suami dan bla3 kok kayanya alesannya terlalu gak worth it ya.Pemahaman2 jadul yg kaya gini mesti dilurusin.karena suami istri itu partner bukan atas bawah.
      Gak semua mlm-er kek gitu sih. Banyak juga yg mrospek dg cerdas. Ndilalah aja nemu yg kek ini. Hehe.
      Terimakasih banyak sudah mampir mba. Salam kenal balik 😊

      Hapus
  2. biasa tu mba klu sales/ agen lg nawarin produck k wanita pasti dengan modus agar tdak bergantung pd suami, biar pny pendapatan sendiri..dll...tergantung ktny yg nangepin tw tdak..

    BalasHapus
  3. Suka bgt mba ada yg nyinggung ttg ini, setujuuuuuu sekalii

    BalasHapus
  4. Suka bgt mba ada yg nyinggung ttg ini, setujuuuuuu sekalii

    BalasHapus
  5. Jawaban yang keren cerdas dan wanita hebat .. sales itu anggap aja bujukan setan yang menyesatkan.. tanggapan mbk 100% perfect .. lihat apa yg terjadi pada klurga yg istrinya wanita karir ...istri yg merasa bisa mebiayai mencukupi hidupnya sendiri tanpa merepotkan suami.. malah akan merendahkan harkat suami...

    BalasHapus
  6. Jawaban yang keren cerdas dan wanita hebat .. sales itu anggap aja bujukan setan yang menyesatkan.. tanggapan mbk 100% perfect .. lihat apa yg terjadi pada klurga yg istrinya wanita karir ...istri yg merasa bisa mebiayai mencukupi hidupnya sendiri tanpa merepotkan suami.. malah akan merendahkan harkat suami...

    BalasHapus

Powered By Blogger