Sabtu, 25 November 2017

Catatan si Berry (1)

Jadi ceritanya kasus berry mogok sekolah kali ini bukan yang pertama. Dulu jaman-jaman paud-tk, pernah juga on off sekolah, pindah tk 3x, sampe libur sekolah 1 taun. Pokoknya dari awal dikenalin sama yg namanya sekolah, dia gak interest aja. Ditungguin mba! Udah, hampir 1 semester. Dipaksa aja, kasihin gurunya biar lama2 biasa. Udah, hampir 1 semester. Setelah libur 1 tahun akhirnya mau juga sekolah, tapiii tetep aja gak antusias. Kaya semacam formalitas gitu. Youwis lah, kancane dho sekolah aku yo tak sekolah.

Akhirnya tibalah masuk SD. Setelah saya ajak keliling2 milih mau masuk SD mana, dia memutuskan mau masuk ke SD xx, dengan alasan utama: sabtu libur! Tapi pulangnya sore lho Ber, saya udah sampaikan waktu itu. Iya gakpapa, katanya waktu itu. Daan eng ing eng... Drama baru dimulai. Sejak awal2 masuk tiap hari ada adegan tangis-tangisan dan eret-eretan sama saya. Oke saya anggap itu masa2 adaptasi. 2 mingguan saya telatenin tiap pagi mbujuki dia sekolah. Disertai keluhan bocah kalo perutnya sakit lah, kedinginan lah, sesak napas lah dan mual mau muntah menjelang berangkat. Saya tau dia stress. Tapi ya tetep sekolah. Bertahan sampe ujian tengah semester. Nilai dibagikan, dan hampir semua mata pelajaran dia dapat nilai 100. Saya pikir itu akan membuatnya semangat sekolah. Ternyata saya salah. Dramanya justru makin mbulet.

Dia mulai gak mau berangkat. Pertama-tama ijin karena sakit. Tapi setelah sembuh tetap gak mau berangkat. Puncaknya hampir 2 mingguan mogok lagi.

Saya konsultasikan sama psikolog dari sekolah dan wali kelasnya. Disarankan agar anaknya tetap 'dipaksa'masuk sekolah agar lama-lama bosan sendiri 'bertingkah' seperti itu. Oke. Saya jalankan 2 hari. Hasilnya: si bocah ngamuk, teriak2 aku gak suka sekolah ini, aku gak suka ustadzah ini, hancurkan saja sekolahnya, aku mau pecahin semua kaca jendela, aku mau teriak yg kenceng banget sampe lampunya pecah, aku mau bawa pisau ke sekolah, gigiku harusnya dipasang besi biar kalo gigit tangan ustadzah biar berdarah (kemarin sempet gigit tangan ustadzahnya). Welha kok dadi medeni. Saya mbatin, kayanya ndak gini deh cara ngatasinnya.

Saking jengkel dan gak tau mau gimana lagi, keesokan harinya saya beri dia pilihan mau di rumah tapi gak boleh makan seharian dan malamnya tidur di teras atau sekolah (ibu kejam). Dan kalian tau jawabannya bukan? Dia pilih opsi pertama. Saya kalah. Dan dia membuktikan kekonsistenannya atas pilihan itu. Gak makan seharian dan malamnya tidur di teras dalam kardus bekas. Aku mau sakit aja. Aku mau pake pampers aja tapi gak sekolah (saya dulu pernah bercanda, kalo gak mau sekolah ya harus mau pake pampers lagi, lha kok ditanggapi serius). Intinya dia pilih menyakiti dirinya sendiri asal gak sekolah. Sekolah seperti monster buat dia.

Tempat tidur berry kemarin malam. Teras, pukul 23.22

Sampe pernah dengan putus asa dia bilang "gak ada yang ngerti yang kurasain". Saya pengen mewek tapi saya tahan kuat2. Ooh gitu ya Ber. Mungkin ayah, akung, uti emang gak ngerti yang berry radakan. Tapi mama ngerti ber. Ngerti banget. Berry ngerasa kesepian, sendiri, gak nyaman, sedih, gak aman kan...? Mama ngerti ber...  (soalnya mama juga pernah ngerasain yang berry rasakan cuma waktu itu mama gak berani memberontak) dan dia mingsek2 menangis. Tenang aja, ada mama. Kita selesaikan bareng ya...

Saya gak yakin memindahkan dia ke sekolah lain bisa menyelesaikan dengan tuntas masalahnya. Karena saya pikir bukan itu akar masalahnya.

Tapi proses memutuskan untuk menghomeschoolingkan berry juga bukan perkara yang mudah. Yang tersulit dari semuanya justru bersumber dari diri saya sendiri. Saya gak iklas kalo berry gak sekolah. Di pikiran saya masih tertancap kuat pemahaman kalo yang namanya anak-anak ya harus sekolah. Ditambah lagi support system yang tidak mendukung. Dari bapaknya hingga akung utinya gak ada yang klik dengan namanya homeschooling. Dan itu menjiperkan (uopo)  nyali saya. Saya takut jika kelak keputusan saya ini salah, semua orang akan menudingkan telunjuk mereka ke saya. Tuh liat hasilnya! Gara2 dulu gak tegas sih, terlalu manjain anak, kan udah kubilang bla bla bla bla...  Tanggung jawab dong... Dsb. Serem duluan bayanginnya.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger