Kamis, 30 November 2017

Catatan si Berry (4)

Halooo.... Mohon maaf di postingan kali ini saya belom jadi membahas pertemuan kami dengan pak semacam psikolog yang baik itu seperti yang saya janjikan di postingan sebelumnya. Karena ada kejadian pagi ini yang mesti saya catet dulu.

Jadi ceritanya selama dia mogok sampai hari kemarin itu, kami bikin perjanjian bahwa mama gak akan nyuruh2 sekolah lagi, asal ujian akhir semester harus ikut. Sebelum hari ujian sok aja kalo gak mau sekolah. Dan dia setuju. *bold*

"Ujian tok lho ma, habis itu aku gak mau masuk lagi."

"Iya, cuma buat dapat raport semester ini Ber, biar kalo pun mau pindah sekolah kamu punya raport buat pendukung. Dengan catatan diijinkan ikut ujian sama ustadzah. Lha kamu kan jadi gak pernah ikut ulangan harian, gak pernah ngerjain tugas dll karena mogok. Nanti kalo ustadzah gak mau ijinin ikut ujian tok dan gak mau kasih raport ya udah. Kalopun pindah sekolah kamu harus ulang dari kelas 1 lagi, 8 taun. Tuek banget Ber. Nanti kamu dipanggil mbah Berry mau?" jawab saya kala itu, seperti biasa panjang lebar kali tinggi sama dengan volume.

Lalu dia lihat kalender akademik. "Ujiannya tuh mulai hari senin tanggal 4 desember 2017 ma. Sebelum tanggal itu aku gak mau sekolah pokoknya."

"Yoh karepmu"

Masalahnyaaaa hari selasa kemarin saya dapat wa dari ustadzahnya jadwal ujian sekolah berry. Daaan dimulainya adalah hari kamis yang berarti hari ini atau tanggal 30 november 2017.

Masalah?? Buat saya sih enggak. Tapi buat berry itu masalah besar. Waktu saya tunjukkan jadwal via wa itu ke dia, langsung dia nangis marah2. "Kan ujiannya harusnya mulai besok senin, bukan kamis. Gak boleh kaya gitu. Senin ya senin gak usah diganti-ganti jadi kamis fhjvykbhjjfvvsag6*5'/** " *ngromet*

"Heh diem, gak usah nangis dulu! liat dulu ini jadwalnya," kata saya sambil saya tepuk2 pipinya. "Berangkat jam setengah 8 pulang jam 11. Cepet banget kan... Katanya kamu maunya sekolah yang pulang cepet."

Akhirnya dia dieeeemm, mencermati jadwal dan singkat cerita kami sepakat. Dia masuk sekolah, ikut ujian hari kamis a.k.a hari ini

Muluuus dari hari selasa sampai hari rabu malam mau tidur. Tiap kali saya ingatkan kamis ujian dia iya iya in dengan santai. Malah hari rabu malem dia masih sempet pamer2in ke Bella "Wek aku kamis pulangnya lebih gasik dari kamu lho Bel. Tapi nanti jemput setengah 11 ya ma, biasanya udah selese jam segitu. Terus nanti mama jemput aku dulu terus langsung jemput bella gitu kan ma?"

"Iyaaa...."

Kukuruyuuukkk... Esok pun datang. Saya bangunkan dia buat subuhan. Daan... Eng...ing...eng. Nangiiss sodara2. Mingsek2. "Aku gak mau sekolah. Sekolah itu gak ada gunanya lalalalalala hkbbfdhhx+5$"''"*9 " Saya diemiiiinnnn aja sambil nahan jengkel. Dan bapaknya telpon, langsung dia ngomel marah2 nangis2 ke bapaknya. Mulai lagi dengan ancaman bawa2 pisaunya dan bla3 yang serem2 itu. Tiap kali bapaknya ngomong, dia potong, aku belom slese ngomongnya, ayah diem dulu.... Haaahhh....

Kalo pas udelnya bolong, anak ini tuh sweet banget


Sampai bapaknya yang tak pernah mengancam pun akhirnya bilang "Ayah gak jadi pulang kalo kamu gak mau masuk ikut ujian"

"Gapapa gak usah pulang, pokoknya aku gak mau ujian"

Saya ambil hp nya. "Mandi!!"

"Gak mau sekolah," teriaknya sambil lari ke atas.

Tahu arah jalan pikirannya mau ngunci diri di kamar atas, saya tututin lari ke kamar. Saya ambil kunci kamar dan umpetin.

Paham langkahnya telah tertebak dia segera putar haluan, turun tangga menuju kamar depan... *mama kecolongan* Saya susul ke kamar depan, gak kecandak. Dia sudah berhasil masuk kamar dan cekrek... kunci pintu. Crap!! Mama kalah 0-1

Saya gedor2 pintunya. "Buka pintunya!! Keluar!! Mama gak suka sama orang yang gak nepatin janji"

"Gak mau! Gak mau! Gak mau!"

"Oke, kalo gitu mama pergi aja. Besok gak jadi mama daftarin ikut les robotic" (kesepakatan kami: kalo dia berhasil lewati 6 hari ujian akan saya daftarkan les robotic yang dia minta)

Saya angkat si bayi yang masih tidur, ayo Bella ikut mama, ambil kunci kontak, kunci pintu rumah dari luar, masuk mobil, starter. Tunggu sebentar siapa tahu dia berubah pikiran. Siap injak gas dan...

"Ma, Berry keluar lewat jendela," kata Bella

Ya salaam... Anak ini lho otaknya masih jalan walau sangat emosional. Tahu pintunya dikunci dari luar, dia buka jendela, keluar lewat situ.

"Aku mau sekolah," katanya lirih penuh air mata

"Mandi!" saya tetep di dalam mobil posisi siap pergi

"Mama mau kemana? Nanti balik lagi gak ke sini? Lama gak perginya?" (sempet2e lho tekon, ra ngerti nek mama le nahan murka wis nganti ubun2. Sampe leher dan pundak saya sakiiit sekali)

"Ya suka2 mama lah. Kalo kamu tetep gak mau masuk, mama pergi seminggu. Kalo kamu masuk, mama tetep di rumah".

Long story short setelah negosiasi alot, sebangsa tapi berangkatnya jam setengah 8 ya dari rumah (kan sakgeleme dewe. Ujian setengah 8, berangkat setengah 8) dlsb yang nganyel2ke, akhirnya dia pun mandi, seragaman, goreng telor, sarapan kemudia beli spidol di minimarket depan karena disuruh bawa spidol buat ujian. Daann semua itu dilakukan seolah tak pernah ada kejadian oyak2 an dan balapan mendapatkan kunci kamar.

Bahkan sambil nunggu jam 7 sampe setengah 8 saya cek materi ujian bahasa arab yang dia pelajari gak sampe 2 jam kemarin dengan ogah2an. Tentang bahasa arab bagian2 tubuh, tangan, kaki, hidung, mulut, rambut, mata dll serta bahasa arabnya warna2, putih, kuning, hitam, biru dkk. Menurut saya materinya lumayan berat, tapi hanya sambil lalu baca disambi mainan dia bisa menghafal. Saat saya uji.... Saya bolak balik puter puter hasilnya... Emang bener2 hafal dia. Gak ada yang salah. Agak kagum saya sama kemampuannya yang satu ini.

Ya Allah...

Akhirnya saya antar dia jam setengah 8 kurang 10. Sampe sekolah udah mulai doa.

"Lho mah kok udah mulai," tanyanya inosen.

"Apalagi kalo kita berangkat setengah 8 kan Ber, wis telat."

"Yaudah tapi janji ya jemput setengah 11. Jarum panjang di angka 6. Janji lho ma!"

Huuuffftt....

Bersambung...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger