Minggu, 26 November 2017

Catatan si Berry (2)

Catatan: tulisan ini saya buat setelah curhat sama semacam psikolog gitu. Jadi saya udah agak punya perspektif lain dan sedikit lebih lega. Gak semenggebu-gebu tulisan pertama.

Oke mulai!

"Udah coba diajak bicara dari hati ke hati mba? Ditanyain alasan gak mau sekolahnya? Ditanyain maunya gimana?"

Berry itu bukan anak yang bodo. Dia cepet sekali nangkep dan mudengan sama sesuatu. Sebelum dan selama upaya pemaksaan-pemaksaan itu, sudah puluhan kali saya ajak diskusi. Diskusi baik2. Ngomong dari hati ke hati.

"Yuk kita ngobrol seperti orang gede. Mama gak akan marah-marah. Berry juga gak usah nangis2. Kita cari jalan keluar berry maunya apa mama maunya apa.
Tapi mama harus tau dulu alasannya kenapa berry gak mau sekolah?"

Dia jawab, "Sekolahnya berisik, kotor, jorok. Semua orang teriak-teriak. Aku gak tahan, bikin aku pusing."(btw beberapa kali dia ngeluh pusing di sekolah, nangis2 dan akhirnya ustadzahnya wa saya suruh jemput gasik si anak. Dan ajaibnya segala pusing itu langsung ilang waktu sampe rumah. Wkwk. Drama tenan)
For info: 1 kelas ada 28 anak. Per kelas ada 3 rombel. Jadi satu sekolah ada 18 kelas. Saya pun udah kebayang ruamenya kaya apa. Apalagi kalo jam istirahat.

"Oh gitu. Bukannya anak SD tuh emang gitu ya Ber, lagi seneng teriak2" (jawaban mama yang sok mau ngeyem2i tapi sangat tidak memuasakan)

"Tapi aku gak tahan ma. Pusing, kupingku sakit"

"Gimana kalo pake headset buat nutupin kuping kalo pas rame?"

"Tapi ramenya itu di mana-mana. Di dalam kelas, di luar kelas. Pokoknya aku gak suka."

"Oke."

"Trus apalagi?"

"Temennya itu 'nakal-nakal' -nakal versi dia- (dia sudah beberapa kali ganti jejeran duduk karena gak ada yang sreg sama dia). Si x suka teriak2 di kupingku sama ngumpetin setip apa pensilku. Si y suka panggil aku bayi bayi, aku gak suka. Si z yang aku benci banget. Dia suka matiin lampu kamar mandi pas aku ke toilet, terus pernah nuduh aku mau liat auratnya, mau mlotrokin celananya. Padahal aku gak gitu lho ma, sumpah. Dan z ngomongin itu ke temen2 yang lain."

"Kalo si x itu mungkin cuma jail aja Ber, pengen ngajakin bercanda. Kamunya kali yang terlalu serius. Tuh si a, b, c, d bukannya juga suka kaya gitu? Lebih jail? Tapi kamu gak apa-apa.
(for info: a,b,c,d adalah temen-temennya di rumah. Yang ajaib, untuk perlakuan yang sama jika yang melakukan adalah teman-temannya di rumah dia gak masalah sama sekali. Tapi kalo yang melakukan teman2 sekolahnya, dia langsung kesel, gak suka)

"Ya itu beda ma, kalo sama abcd kan udah lama, aku udah kenal."

"Ya itu tau, makanya deketin teman sekolahmu. Coba satu aja dulu. Kalo temanmu di sekolah banyak pasti kamu jadi betah di sana bla bla bla bla... Tau kan kalo seorang ibu ngomong itu pasti mbleber2 kemana2. Haha)

"Tapi aku tetep gak bisa Ma..." (anak ini mental blocknya guede banget)

"Gak boleh ngomong gak bisa bla bla bla bla... Lagi2 buibu itu kadang suka susah buat nahan mulut, buat gak ngasi ceramah"

"Kalo si z, kamu udah bilang belom ke ustadzah? Emang dia ngomongnya gimana? (dan sampai hari ini dia belom mau jawab pertanyaan itu. Malu aku mau cerita, udah lupa). Kalo itu harus dilaporin ke ustadzah. Itu namanya fitnah. Udah gak lucu lagi bla bla bla bla...." (saya kalo ngomong sama berry bisa puanjang2 *kesalahan mama*)

"Belom." (slese dan dia gak mau lanjutin topik itu)

"Terus Berry pengennya gimana?"

"Maunya sekolah yang pulangnya jam 11 tapi sabtu libur, gak usah ada upacara, gak usah pramuka, gak usah olahraga" *sakkarepe dewe, gaweo sekolah dewe wae Ber*

"Ya gak ada lah sekolah kaya gitu bla bla bla bla puanjang lagiiii...."

Gituuuuu aja terus jalannya diskusi. Mbulet.

Hingga suatu kali entah diskusi yang keberapa saat saya tanya "Berry masih pengen sekolah enggak sih?" Lamaaaa baru dia jawab "Aku mau berhenti sekolah...." Jawaban yang mama gak siap dengarnya. *salah strategi ngasih pertanyaan ini*

"Lha mau ngapain di rumah?" diem lamaaaaa gak ada jawaban. Mau melihara kambing, ayam? Nanem2? Jualan koran. Mama beliin tapi kamu harus ini itu anu nananana. Boleh gak sekolah tapi kamu harus tau mau ngapain nanti di rumah. Kalo cuma mau males2an ya gak boleh lah. Kok penak men"
Diem gak jawab...
*saya lupa dia baru 7 tahun, terlalu sulit pertanyaan yang saya ajukan*

Diskusi kami gak selalu berjalan lancar. Lebih banyak saya yang kemudian malah jadi jengkel karena si bocah gak mau dengan solusi2 yang saya tawarkan yang saya anggap jalan tengah. Win win solution.

Haaahh....

Saya sampe bikin poin2 untuk memahami sifat anak ini.

Catatan mama tentang berry (1)

Catatan mama tentang berry (2)


"Sekarang kondisi anaknya gimana mba? Sedih? Tertekan? Gak bahagia?"

Tidak sama sekali. Dia BAIK BAIK SAJA.... selama gak mbahas atau nyenggol-nyenggol soal sekolah. Tapi saat mulai dibahas soal itu sedikit saja moodnya bisa langsung memburuk, nangis gak jelas tanpa sebab yang jelas, uring-uringan sendiri hanya karena seduatu yang sepele. Dan ketika kita stop bahas soal itu, dengan sangat cepat (hitungan menit) moodnya juga langsung berubah. Seolah tak pernah terjadi apa2 sebelumnya.

Saya jadi agak cemas dengan ini. Saya takut dia mulai menciptakan alter ego sebagai mekanisme pertahanan dirinya. Saat situasi tertekan dan gak nyaman untuk kenyamanan jiwanya, dia keluarkan alter ego itu. Seperti membangun benteng yang tinggi sekali. Yang semua orang gak bisa memasukinya.

Bersambung lagi.... Nak bayi udah bangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger