Senin, 27 November 2017

Catatan si Berry (3)

Ada satu kejadian yang menurut saya agak unik. Di hari saat dia mengamuk dan gigit tangan ustadzahnya, saya jemput jam dua seperti biasanya. Dan... taraaa...  mukanya santaiiii banget. Kaya gak pernah terjadi kerusuhan tadi pagi. Gak ada beban. Cerita dengan lancar dan runtut ngapain aja di sekolah. Aku tadi nangisnya akhirnya berhenti sendiri og ma. Kan mama bilang kalo nangis yang kenceng itu bikin lega. Yaudah aku nangis kenceng aja. Zzzz...

Melihat kondisi dan mood nya yang lagi bagus maka mama ajak ngobrollah anak ini. Tentang kekuatan pikiran (wkwk saya kadang emang suka ngasih bahan obrolan yang gak sesuai umur). Saya ngomongin tentang kekuatan pikiran negatif yang jelek2. Kekuatan positif yang baik2 beserta contoh2nya. Gimana pikiran jelek itu merusak badan, tuh liat kamu gak naik2 kan timbangannya itu gara2 energi yang kamu punya habis buat ngladenin pikiran jelekmu jadi energi yang harusnya buat kamu tumbuh pindah ke situ.

Dia manthuk2, sepertinya mudeng.

Saya ceritakan kisah tentang kentang busuk. Bahwa membawa emosi dan pikiran jelek itu seperti bawa kentang busuk ke mana-mana. Bau, bikin muntah tapi  nyantel terus di tubuh gak boleh dibuang. Berry mau coba bawa kentang seminggu? Dikantongin di plastik. Dibawa kemana2. Mandi, makan, tidur, ee, sekolah dibawaaaa terus gak boleh dilepas.

"Ya tapi kalo sekolah ditinggal ya Ma". Halah.

"Mama masih punya kentang di rumah. Mau bawa kentang  busuk kemana2? Dia cengar-cengir."

"Enggak ah."

"Ya sudah buang dong kentang busuknya satu-satu dari hatinya Berry." Saya praktekin gerakan ambil sesuatu dari dadanya terus lempar jauh2.

"Sekarang coba tiruin mama, aku... maafin... ustadzah... ini... "

"Aku... tidak maafin... ustadzah... ini..."

Ternyata dia gak bisa. Setiap kali saya sampai kata maafin. Dia selalu ngeblock. Tidak maafiin...
Lamaaaa sekali saya ulang-ulang kalimat itu. Akhirnya bisa tapi sangat pelan suaranya.

"Tuh kan bisa... Lega kan Ber rasanya?"

"Biasa aja ma" zzzz... lagi

"Sekarang coba ikutin, aku... maafin... mama..."

"Lha ngapain wong mama gak salah apa2 kok."

"Mama kan sering galak, marah-marah, teriak2..."

"Ya itu kan udah biasa ma..." (wkwk ternyata dia udah kebal sama amukan saya)

Akhirnya saya ganti topik. Paginya waktu dia ngamuk, saya sempat masuk kelasnya. Duduk di bangkunya. Saya tanya "berry kok bintangnya dapet dikit. Tuh temen2nya dapat bintang banyak" (ada foto dia di dinding yg ditempel bintang2).
"Yang dapet bintang itu yang sering sedekah makanan ma, infak ini itu... Aku dulu pernah bawa makanan kutitipin ke ustadzah tapi ilang." (dia pernah cerita ini tapi waktu itu saya abaikan karena saya pikir ini masalah sepele banget. Ternyata buat dia, masalah itu gak sepele. Kekecewaan itu mbekas sekali di ingatan dia).

"Yaudah berry mau bawa sedekah makanan lagi?" saya menawarkan.

"Tapi gak boleh ilang lagi lho ma. Makanannya gak boleh chiki2 yang kemasan itu ma." (padahal akhire dia juga milih jajane mie kremez sama sip, opo bedane mbek chiki jal)

"Iyaa nanti mama ngomong ke ustadzah biar gak ilang lagi. "

"Ngasih makanan orang itu bikin bahagia kan Ma? Ngasih infak juga kan? Dan dapat pahala juga kan dari Allah?"
Saya jawab iyaa trus seperti biasa saya tambahin bumbu-bumbu ocehan tentang  hormon bahagia di otak lalalala. Duuhh kayane kok aku memperlakukan berry koyo wong tuek. Wkwk.

Akhirnya kami beli makanan. Dia pilih sendiri, ngitung sendiri sejumlah temannya di kelas, masukin kresek, masukin tas. "Sama besok ada tugas suruh bawa hanger buat dibawa ke sekolah ma." Semua dia siapkan sendiri.

Muluuusss... semua baik-baik saja sampe sore menjelang. Tiba2 dia mulai mimbik2 nangis gak jelas lagi.

 "Aku gak mau sekolah besok..." *dueeng...!*

Kaya yang kami obrolin barusan siang tadi itu ilang gak ada bekasnya...
Paginya dia mogok sekolah dalam posisi sudah seragaman dan siap berangkat. Saya ungkit soal janjinya kemarin dan obrolan kemarin gak mempan.
Jajan yang gagal dibagikan


Ya Allah... Mama bingung tenan kala itu. Hingga keluarlah ancaman milih kelaperan dan tidur di teras atau sekolah?

Dan kejadian semacam itu sering terjadi. Dia sudah bisa bangun setengah 5, mandi, solat subuh, pake seragam, sarapan, nyiapin jadwal tanpa saya suruh. Berjalan otomatis tiap pagi. Sampe menjelang berangkat sekolah tiba-tiba....

"Aku gak mau berangkat sekolah".

Kaya ada sesuatu yang putus. Ngeblock. Missing link. Kaya kalo kita udah niat banget mau melakukan sesuatu dan ketika jam nya datang tiba2 merasa embuh, malas, takut gak jelas. *sulit dijelaskan*

Btw dia ingat luar kepala jadwal harian mata pelajaran di sekolah walaupun dia benci setengah mati sama sekolah itu. Makanya saya heran waktu bajunya ketinggalan di kolam renang, dia sumpah2 merasa sudah masukin tapi ternyata memang dianya yang lupa belom masukin tu baju ke dalam tasnya.

Saya pernah ajak dia untuk membuktikan kekuatan pikiran. Sepanjang perjalanan nganter dia naik motor ke sekolah saya suruh dia teriak kenceng2. Aku bisa! Aku berani! aku gak nangis! Dia ngamuk2 gak mau. Tapi saya abaikan. Tetep saja saya teriak2 sendiri Aku bisa! Aku berani! Aku gak nangis! Akhirnya dia ikutin walau sambil kesel dan mimbik2. Pulangnya saya tanyain "Nangis gak tadi di sekolah?" dia jawab "Cuma mimbik2 aja tapi gak nangis". Wkwkwk.

"Tuh kan Ber, liat bukti dari kekuatan pikiran."
Tapi besoknya ya teteeeeppp... drama lagi.

Saya tau dia mudeng -meski mungkin belom utuh- semua yang saya sampaikan buat dia walau mungkin itu belom pas buat umurnya. Soalnya saat dia denger saya ngobrol dengan pak psikolog dan saya bilang "saya gak bisa" dia langsung nyamber "mama kan pernah bilang gak boleh ngomong aku gak bisa." Saat sakit punggung saya kumat2an dia bilang "itu karena mama sulit memaafkan orang, jadi sakit gak sembuh2". Semua nasihat saya dibalikkan. Antara geli sama blaik.
Tapi menurut saya itu berarti dia mengerti segala ocehan membosankan yang saya omongin.

Pernah saat mogok di rumah saya coba kasih jadwal seperti jadwal sekolahnya. Jam sekian sampai sekian belajar tematik. Sekian sampe sekian belajar ini. Sekian sampe sekian istirahat dan solat duha dst... dst. Dan dia bisa melaluinya dengan baik, disiplin dan konsisten. Tanpa drama dan nangis2 gak jelas meski gak saya tungguin (waduh sepertinya 'mama jadi bu guru lagi' harus dimasukkan ke dalam pilihan ke depannya ini, batin saya waktu itu).

Dan untuk mogok yang terakhir kami bikin kesepakatan. Oke gak sekolah, tapi di rumah tetap belajar. Belajar apapun. Dan dia melewatinya juga dengan sangat baik. Dia hafalan surat atas mau sendiri, belajar buku tematik keinginan sendiri, baca-baca buku bacaan anak-anak. Bahkan sempat mandiin sama nyuapin si Brilly, adiknya, nawarin beliin saya nasi kucing karena mama males masak. Haha. Hujan-hujan payungan ngaji tahsin ke tempat tetangga.... Pokoknya seharian jadi anak manisnya mama.

Duh Le... Mama dadi bingung njuk kudu piye.

Udah panjang ternyata... Bersambung lagi ya. Nulis kaya ginian ternyata butuh banyak energi. Jadi laper.

Btw terimakasih banyak untuk atensi, perhatian, puk puk an, masukan dan saran teman-teman semua. Semua saya baca, saya catet, saya tampung. Mohon maaf tidak bisa balas satu-satu karena saya juga bingung mau jawab gimana.

Cerita ini saya tulis juga gak dalam rangka ngeluh atau caper agar seluruh dunia tau masalah saya. Justru catatan ini saya buat untuk memudahkan saya merunut akar masalah yang sebenarnya sehingga treatment yang saya lakukan ke depannya bisa lebih pas.

Mohon maaf untuk yang kurang berkenan, menganggap saya menye2, sok melow, caper, buka aib, curhat kok ke orang dsb. Feel free to unfol or unfrend

Next: saya mau cerita waktu ketemu pak semacam psikolog yang baik hati itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger