Selasa, 05 Mei 2015

Bahayakah Minum Es Teh Manis Setelah Makan?

Masih inget dong tagline salah satu minuman teh dalam botol yang pernah ngehits itu, "apapun makanannya, minumnya teh botol *os*o". Branding yang keren menurut saya, karena nancep banget di pikiran konsumen. Kaya udah identik kalo yang namanya teh dalam botol itu ya s**r*, bukan yang lain.

Es teh manis (gambar diambil dari kaskus.co.id)

Tapi tulisan ini gak akan ngomongin lebih lanjut tentang branding-brandingan dan semacamnya soalnya saya bukan orang iklan dan gak ngerti dunia iklan.
Saya cuma pengen ngomentarin kebiasaan orang-orang yang terkait dengan tagline iklan ini. Apa itu?? Yap, kebiasaan minum teh anget/es teh setelah makan. "Mas, bakso satu sama es teh manis satu ya" atau pahe fried chicken gratis teh botol dingin. Hmmmm.... semangkok bakso panas pedes disandingkan dengan segelas es teh manis ituuu.... surga dunia. Haha lebay. Cucok banget. Pasangan serasi yang tak terpisahkan.

Naaahhh mulai timbul masalah nih di sini. Menurut sedikit buku-buku gizi yang dulu pernah saya baca, di dalam teh itu ada yang namanya zat antigizi yang disebut tanin. Dibilang antigizi karena dia punya kemampuan mengikat mineral-mineral penting membentuk kompleks yang sulit dicerna tubuh. Akibatnya ketersediaan/availabilitas senyawa-senyawa penting itu menjadi berkurang. Jika hal seperti ini terjadi terus-menerus, lama-kelamaan tubuh akan mengalami defisiensi senyawa-senyawa tersebut. Nah, tanin dalam teh itu punya kemampuan mengikat zat besi, Ca, dan mineral2 lain yang dibutuhkan tubuh. Dia juga bisa berinteraksi dengan protein membentuk senyawa yang sulit dicerna.

Jadi bahayakah minum es teh manis pas atau setelah makan?
Bahaya sih enggak, cuma yaaa jadi mubadzir aja sih kesannya. Sia-sia gitu. Mineral-mineral dan protein dari makanan yang seharusnya bisa diserap tubuh menjadi tidak available lagi gegara diikat oleh tanin dalam teh tadi.

Jadi sebaiknya kalo lagi makan di warung, pesennya es jeruk aja jangan es teh. Bukannya bermaksud mendiskreditkan es teh, tetapi secara teori, tanin dalam teh itu mengganggu penyerapan zat besi dan protein dalam tubuh. Adapun vitamin C, nah itu justru membantu penyerapan mineral2 tadi ke dalam tubuh. Gitu ceritanya.

Kalo pengen minum teh, sebaiknya diberi jeda 1 atau 2 jam sebelum dan sesudah makan, biar optimal dapat gizi dari makanan maupun tehnya itu sendiri. Keburu seret buk nunggu 2 jam abis makan. Itu makannya dikunyah 33x gak sampe seret gituh? Haha. Kan ada air putih cin.

Oiya, kalo minum tehnya itu dimaksudkan untuk memperoleh manfaat/khasiat dari teh itu (gak cuma sekedar minum), sebaiknya minum tehnya gak usah dipakein gula. Critanya mau diet pake teh hijau. Tapi minum teh nya dikasih 3sdt gula. Itu mah sama juga boong. Gak berguna. Kenapa gak boleh pake gula? Alasannya boleh baca di sini. sama juga kasusnya dengan pesen bakso tanpa vetsin, tapi naroh kecap, sausnya gak kira-kira. Alamaaakkk, plis be a smart consumen dong ah. Ada hubungan apa emang vetsin sama kecap? Cekidot sini duluk ya

Oiya satu lagi, teh sama susu itu secara gizi sebenernya gak matching lho. Kenapa? Karena protein dan mineral dalam susu itu bisa diikat oleh tanin dalam teh menjadi senyawa yang sulit dicerna tubuh. Jadi kalo minum teh susu yaa dapetnya bener-bener air teh dan air susu doang, gak ada mineral sama protein dari susu itu. Yaahh padahal teh susu itu enyaak banget lho, gimana dong? Haha. Ya sutralah. The choice is all yours. Gakpapa juga sih sekali-sekali nyicipin rasa-rasa unik. Itung-itung rekreasi lidah :D
*Ini yang nulis sebenernya fans berat es teh manis jadi gak iklas gini tulisannya. Haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger