Kamis, 23 Oktober 2014

Ibu itu Pejuang

Saya lagi pengen cerita tentang masa2 melahirkan dulu.  Kenapa? Karena kemarin gak sengaja baca suatu komen yang 'menyakitkan' tentang 'enaknya' lairan secara sesar. Mungkin jaman ini emang jamannya memversus2kan  ini itu ya. Lairan normal vs sesar, asi vs sufor, ibu rumah tangga vs ibu bekerja, vaksin vs antivaks dan banyaaakk lagi yang lain. Dan mereka itu mati2an bin ngotot membela pendapatnya. Berasa yang paling oke dan keren dengan pilihannya.

Jadi begini ceritanya :D (jangan2 secara tak sadar saya ngefans sama cerita2 macam kismis ituh)
4,5 tahun lalu saya akhirnya harus ngelahirin berry via sesar. Kenapa? Karena sampe 24jam lebih, bukaan cuma mentok sampe 8. Yang ibu2 pasti ngerti dong gimana ituh sakitnya melewati bukaan satu ke berikutnya. Gak bisa digambarkan, cuma bisa dirasakan :) Mbak2 yang bareng mau lahiran sebelah saya aja sampe teriak2 gak karuan gitu, bikin saya keki. Untung saya masih agak keren dikit, cuma dleweran air mata doang gak sampe jejeritan. Setelah lemes dan kehabisan energi, akhirnya sama bu dokter dipecahlah itu kantong ketuban. Tapi ditunggu beberapa jam, tetep  gak nambah2 bukaannya. Posisi bayi juga gak turun2. Darah gausah ditanya, baju, sprei, jarik gak ada yang gak kena. Pasrah deh. Udah gak kepikiran apa2. Pucat pasi, pengen pipis, pengen pup tapi gak boleh ngeden *kebayang kan tersiksanya yang terakhir itu :D. Akhirnya terpaksalah diambil tindakan. Dan operasi sesar itu gak enak lho. Waktu dibius itu rasanya mual luar biasa, pengen muntah. Kalo pas disobek2 perutnya sih gak kerasa ya. Haha. Serem dong kalo kerasa. Dan waktu bayinya diambil, kata bu dokternya nih,  ternyata posisi kepalanya agak ndengak gitu. Bahunya ngalangin jalan lahir. Jadi mau ditunggu sampe taun depan juga itu bayi gak akan pernah bisa lewat jalan lahir. See, kalo saya maksa mau tetep lairan normal mungkin saya udah gak bisa nulis ini lagi sekarang. Pasca operasinya, sakitnya lebih wow lagi. Buat miring aja gak bisa. Belajar bangun, belajar jalan timik2. Fiuuhh... Jadi yang bilang operasi secar enak, cobain dulu deh. Atau yang sering bilang operasi sesar itu karna ibunya males lah, ibunya gak mau susah, ibunya gak niat, ibunya ga mau berjuang, ibunya mau enaknya aja bla3, aah picik bingits itu pikiran, dangkal *sorry to say. Sakitnya itu dobel lho, triple malah. Pertama, sakit waktu bukaan 1-8, trus sakit pasca operasi, dan terakhir sakit karena dipandang sebelah mata. Kaya dicap di jidat, elu bukan ibu beneran karena gak bisa melahirkan secara normal. Sakitnya tuh di sini di situ di mana2. Kecewa, iya lah.  Semua ibu itu ya pengennya lairan normal. Saya sempet kesel sama si bayi kenapa gak kooperatif gitu. Haha. Tapi kenyataannya emang gitu. Udah diupayakan sampe pol tapi tetep gak bisa, gimana dong? kudu pasrah gitu?

Ini sesar versi saya. Entah kalo sesar versi yang lain. Atau versi artis2 itu. Jadi plis gak usah nyinyir deh sama hal2 kaya gini. Banding2in ibu yang sakses lairan normal dan gagal karna lairan sesar. Berasa paling keren sedunia karena bisa lairan normal. Iya deh situ keren. Puass?? Haha esmosi. Toh surga itu adanya di bawah telapak kaki ibu. Gak pake syarat dan ketentuan berlaku, ibunya harus yang bisa ngelahirin normal. Ibu2 yang ngelahirinnya sesar ga ada surga di kakinya :D. Menurut saya setiap ibu itu adalah pejuang dengan medan tempurnya masing2. Kewajiban kita adalah memenangkan pertempuran di medan pertempuran kita, tanpa perlu ngurusin dan ngrusuhin medan pertempuran orang lain, apalagi nyinyirin. Haha.

Oke deh sekian cerita kali ini. Janganlah menilai orang lain dengan ukuran baju kita yaa *bener gitu gak pepatahnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger