Senin, 05 Januari 2015

5.5 Tahun Bersamanya

Hampir 6 tahun mengarungi bahtera rumah tangga -tsaah bahasanya- mendorong saya menulis catatan kecil kali ini. Belom lama sih kalo baru 6 tahun. Ibu bapak saya sudah ngalamin peringatan kawin emas. 6 tahun mah seujung kuku pengalaman berumah tangga beliau. Tapi gak ada salahnya juga mereview rumah tangga saya yang baru seumuran anak kelas 1 sd ini. Sebagai bahan pembelajaran saya pribadi agar ke depannya bisa lebih oke lagi.

Selama hidup dengan lelaki asing yang tiba2 rela mbeliin bedak dan lipstik buat saya ini, saya merasa 'cukup' nyaman. Baru 'cukup', belom nyampe tahap 'sangat'. Haha. Kata orang, kalo berhasil melewati 5 tahun pertama kehidupan perkawinan, insyaalloh tahun2 selanjutnya akan lebih mudah dilewati. Amiin.

Kehidupan rumah tangga saya itu gak romantis. Jauuh dari dongeng2 romantis ala romeo-juliet, putri tidur dan pangeran tampan, tao ming tse-sancai, barbie dan ken atau mickey dan minnie mouse yang penuh bunga, puisi, nyanyian, dan rayuan gombal. Namun karena sangat biasa itulah, saya menjadi nyaman menjalaninya. Iya. Karena saya gak perlu berpura2, jaim atau pake topeng dalam kehidupan rumahtangga saya. Saya hanya perlu menjadi saya. Dan dia silakan menjadi dirinya.

Saya bisa dengan santai kentut atau ngupil di sampingnya tanpa muka saya harus berubah jadi merah padam. Dan sebaliknya, berlaku juga untuknya. Palingan hanya seloroh "hoeek kamu kentut ya, keluar sana. Heboh buka pintu jendela, nyalain kipas angin.
Atau momen lain yang sering terjadi, pas di tempat makan misalnya,  suami saya dengan santainya bilang "bayarin mah, duitku tinggal sepuluh ribu nih" tanpa dia merasa jadi 'rendah' gegara dibayarin wanita. Atau sebaliknya saya yang bilang, aku gak bawa dompet lho yah, tanpa ngerasa rendah diri karna minta dibayarin. Saya memegang teguh prinsip: duit suami adalah duit saya juga. Dan duit saya adalah duit saya sendiri. :p.

Saya juga sering nyuruh dia, misalnya "bikinin indomie dong yah, males masak nih" sekalian sama es teh manisnya ya. Dan sebaliknya dia sering minta "mah, goreng tempe sana, tepungnya dikit aja, tempenya jangan ketipisan, pake api kecil ya, kalo adonannya sisa jangan maksa ditemplok2in ke tempe lho". Issshhhh rewel. Dan semua itu tidak melibatkan kata 'superioritas'. Saya gak pernah merasa superior karna bisa nyuruh2 dia. sebaliknya juga dia, biasa aja menanggapi suruhan2 saya.

Kalo pas suami saya dapat jatah pulang, biasanya kalo udah senggang saya ambil hpnya. Dimulai dari cek panggilan keluar masuk, inbox sms, obrolan via watsap, bbm sampe fb messenger. Hihi. kepo nama tengah saya. Suami saya cuek aja nanya, ngapain ma? Ngecek aja, sapa tau ada sms dari cewek cantik. Dan dia hanya tertawa. Ada tuh, dari bu ini atau bu itu (rekanan kerjanya). Demikian juga saat suami saya ngepoin hp, ig, fb atau twiter saya (eh, ini gak pernah ding, malah saya yang suka maksa2 dia nge like status2 saya. Atau seringnya saya yang komenin status sendiri pake akun dia. Wkwkwk. Ketauan deh). Saya yakin, suami saya percaya sama kesetiaan saya. Ciyeeh.

Saya gak merasa risih nanya berapa gaji nya sebulan, uang ini asalnya dari mana, dll. Atau bertanya tentang teman2nya, kerjaan kantornya blablabla dan dia dengan senang hati menjawabnya tanpa merasa saya memata2inya. 
Saya gak merasa bego nanya hal remeh temeh semisal, kenapa sih bencong itu hobi mangkal di pengkolan? Atau dulu kenapa kamu mau nikahin aku?Dan dia juga menjawab alakadarnya. Soalnya kalo mangkal di pangkalan namanya tukang ojek. Atau karena gak ada pilihan lain waktu itu. Cuma ada kamu. Yaudah ambil aja. Haaahhh!!! Apaaa??? Jadi bukan karna cinta kamu nikahin aku?? Mata melotot, bibir pleyot2. Tampar aku mas *sinetron alay mode on.

Atau kejadian terbaru kemarin di inul vizta. Dia jalan di depan dan buka pintu kaca. Sayangnya itu pintu gak dia tahan, main lepas aja. Alhasil kejedotlah saya dan bella yang jalan di belakangnya. Sisi batin saya bilang: Oke. Santai, cool, jangan liatin kesakitan dan kemarahanmu, banyak embak2 di sana *jaim say. Sisi batin yang lain bilang: awas ya ntar di dalem. Habiis. *siapin tangan buat cubitan dan tabokan maut. Dan sesampe di ruang karaoke hebohlah saya mencak2 sama suami. Gimana sih, itu namanya gak gentlemen, lelaki apa kaya gitu, harusnya kamu yang bukain pintu buat aku @$fhfd%!@!&*. Dan dia dengan santainya bilang iya, udah dong maaf ya. Tadi kupikir pintunya ditahan berry. Hiiiihhhh. Akhirnya saya mengalah untuk berhenti marah2 saat inget durasi nyanyi yang cuma 1 jam jadi kebuang2 gegara insiden itu. Ya sutralah yuk kita nyanyi sakitnya tuh di sini sambil dongkol.

Itu sekelumit cerita kehidupah keseharian saya sama suami. Biasa aja. Gak ada menyentuh2nya kaya cerita di drama korea. Tapi saya sangat mensyukurinya. Yakin deh Alloh selalu memberikan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Alloh tahu, saya butuh lelaki yang seperti ini bukan yang seperti itu, yang saya angankan waktu itu. Entah apa yang terjadi kalo lelaki itu bukan dia. Yeeeeyyy aku memujimu suamiku. Haha. Dan saya juga harus belajar untuk gak selalu membandingkan kehidupan rumah tangga si ini atau si itu yang terlihat begitu 'ideal' di mata saya. Setiap rumah tangga itu unik dengan caranya sendiri.

Dan setiap ingat awal perkenalan kami, saya selalu inget guyonan jayus pertamanya.
D:Apa bedanya soto sama coto?
S: *jawab serius, kalo soto itu kuahnya bening, coto agak item
D: Salah. Kalo soto pake daging sapi, kalo coto pake daging capi *muka lempeng tanpa senyum.
S: ih jayus
D: Apa bedanya soto sama sroto?
S: soto pake daging sapi, sroto pake daging srapi
D: salah. Kalo soto sapi, sapinya kakinya empat, kalo sroto, sapinya kakinya emprat
S: ih maksaaaaa. Hahaha (dulu belom musim ketawa pake wkwkwk).

13 komentar:

  1. Waaaah... moga SAMARA selalu yaaa... dan langgeng... :)

    Salam kenal yah Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin.... doa yg sama buat Mak Oci dan suami yaaa. Salam kenal :). Domisili di pku ya mak? Saya pernah lewat sana pas mau ke tempat suami di Duri. Kotanya lbh rame dari jogja

      Hapus
  2. mesem-mesem baca sesi kejedot pintu heuheu ....kadang para suami gitu ya cuek kesannya ga perhatian atau melindungi atau kita yang terlalu sensitif...btw, smg samara ya mba

    BalasHapus
  3. Kayanya hampir smua bapak2 spt itu ya mb. Haha. Kagak sensitip. Beda planet soalnya. Amiin makasih banyak doanya. Doa yg sama buat mba dan kluarga

    BalasHapus
  4. Dari situlah romantisme tercipta ya

    BalasHapus
  5. Huaaa udah 5,5tahun. Selamat mak. Aku baru 4tahun. Semoga bisa Langgeng terus ya mbak.

    PS. Kalo boleh saran, tulisannya dikasi spasi mbak, supaya agak ramah di Mata ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. doa yg sama yaa. Makasih banyak masukannya. Nubie jd nulisnya ngasal gitu. Hihi

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. salam kenal mbak, semoga menjadi keluarga SAMAWA

    BalasHapus
  7. Salam kenal mak, akupun LDRan udh jalan tahunke 7. Karakternya kayaknya sama banget deh kita hahhahaa sok nyari temen dah

    Domisili jogja kah?

    BalasHapus

Powered By Blogger