Kamis, 01 Januari 2015

Yuk Telaah Kebenaran Iklan Minyak Goreng


Gambar diambil dari kompasiana.com

Kenapa gorengan itu jadi favorit hampir semua penduduk indonesia raya? Jawabannya cuma satu: karena  e n a k. Apa yang bikin enak? Yap, MINYAKnya. Btw soal minyak,  jadi inget persaingan para produsen minyak dengan merk dan jargon masing-masing untuk menarik konsumen memilih produknya. Itu beneran gak sih?

Yuk cek atu-atu...

1. Minyak 2x penyaringan itu lebih baik?
Apa sih tujuan penyaringan dalam pengolahan minyak itu? Ngilangin kolesterol? Ngilangin kotoran? Bukaaann..............!!! Penyaringan (bahasa teknologinya fraksinasi) itu tujuannya buat misahin fraksi cair minyak (olein) dengan fraksi padat (stearin)nya. Emang kalo masih ada bagian yang padat jadi bahaya gitu? Enggak juga. Cuma minyaknya jadi lebih mudah 'membeku' pada suhu kamar, jadi keliatan kurang oke penampakannya. Kalo disaring 2x fraksi padatnya udah gak ada, jadi gak mudah 'beku'. Kalo yang dimaksud 'baik' itu kaya gini ya jelas 2x penyaringan lebih baik dari 1x penyaringan. Tapi kayanya hampir semua merk minyak goreng kemasan udah menerapkan 2x penyaringan deh (tuntutan konsumen yang suka minyak goreng bening)

2. Minyak mengandung omega 3, omega 6 dan omega 9 itu keren?
Jadi ya Omega 9 itu nama lainnya adalah asam oleat. Asam oleat itu komponen utama dari minyak sawit (bimoli, filma, tropical, sunco, sania dkk). Jadi semua minyak sawit mengandung omega 9? Iyak. Minyak sawit juga punya kandungan asam lemak linoleat (omega 6) sekitar 8%an. See, bagaimana bahasa iklan mempengaruhi pikiran kita? Kalo minyak yang dicap mengandung omega 3 ya berati itu ditambahkan dari sumber hewani. Tapi sepertinya gak gitu ngefek juga itu omega 3, toh kita mengonsumsi minyak goreng juga gak sampe segelas sehari :p. Lagian  kira2 omega 3 itu akan rusak gak karna penggorengan?

3. Minyak non kolesterol itu lebih sehat?
Sekali lagi. Yang punya kolesterol itu cuma manusia dan produk2 dari sumber hewani. Lemak yang ada pada bahan minyak goreng nabati itu namanya fitosterol. Jadi tanpa dicap 'nonkolesterol' pun semua minyak goreng itu ya emang non kolesterol. Jargon ini sebenernya justru agak menyesatkan, soalnya jadi memberi kesan kalo minyak bebas kolesterol itu njuk bebas dinggo sakkarepe dewe (baca: terus bisa dipake suka2 gue -gak dapet feel nya kalo diindonesiain-). Padahal yang namanya minyak ya tetep minyak, yang harus dibatasi penggunaanya.

4. Minyak yang sehat bisa diminum?
Diminum itu cuma salah satu cara menguji kualitas minyak. Minyak goreng yang baik, saat diminum akan berasa seperti minum air biasa. Minyak goreng yang sudah mengalami multiple proses (pemurnian, penghilangan warna dan bau dll) biasanya juga bisa diminum (tapi tidak ditujukan untuk diminum).

5. Minyak goreng mengandung vitamin A, D, E, K?
Secara alami minyak goreng memang mengandung vitamin2 ini. Ada juga yang masih ditambahkan/difortifikasi dengan vitamin A. Masalahnya buat sebagian besar kita, minyak goreng ini dipake sebagai media penghantar panas -bilang aja buat nggoreng, riweh pisan-, nah vitamin2 ini sangat mudah rusak akibat pemanasan suhu tinggi. Jadi ya gak usah ngarep masih bisa dapet vitamin2 itu pada pisang goreng, tempe goreng dkk.

Jadi lagi2 jangan mudah terprovokasi baik oleh iklan maupun kata orang. Jadilah konsumen yang keren. Oke kembali lagi ke pilihan masing-masing sukanya pake minyak goreng yang merk mana. Kalo saya sih sukanya minyak goreng yang mengandung....... diskonan :D

6 komentar:

  1. waduh yang diskonan biasanya hampir exp date..

    BalasHapus
  2. Baruuu tauuuu! Terimakasih ya infonya


    Haloterong.blogapot.com

    BalasHapus
  3. Noted mak, informatif banget nih. Makasih sharingnya, penting buat emak emak spt saya yang tiap bulan beli minyak goreng. Hehehe, selama ini yg dilihat harganya doang, ada diskon kagak.

    BalasHapus
  4. Saya pikir walaupun dari bahan yang sama(misal dari kelapa sawit) minyak yang disaring 2 kali lebih sehat dari minyak yg gak disaring,ternyata sama saja,tergantung kitanya mau yg mana

    BalasHapus
  5. Sama.. gue jg lihat diskonannya doank sih.. apalagi mau lebaran gini buat THR kan enak yg diskonan yee buk

    BalasHapus
  6. Ini baru artikel keren 😍

    BalasHapus

Powered By Blogger