Kamis, 03 Desember 2015

Awas!Lele Ikan Paling Kotor Sedunia...

Awas! Lele ikan paling kotor, satu suap mengandung 3ribu sel kanker..... ditambah ilustrasi gambar masakan lele dijejerkan dengan satu kolam/genangan air yang full sampah dan satu genangan berisi bangkai tikus ngambang (saya gak sertakan gambarnya, soalnya jorok, gak ilang2 dari otak). Ya iyalah  yang nonton judul sama gambarnya doang langsung deh muntah2  gak mau makan lele lagi. Yang gak doyan lele tambah sumringah 'untung gue gak doyan lele'. Fiuuhhh

Langkah pertama yang seharusnya dilakukan ketika baca judul yang woow itu adalah baca isi artikelnya dulu lalu pikirkan kira2 artikel itu valid gak. Oohh ternyata kejadiannya di cina toh. Tigaribu sel kanker di judul itu darimana asalnya, gak disinggung blas di dalam isi artikel. Itu ciri2 artikel yang gak mutu. Trus gambar2 di ilustrasi itu bener gak gambar2 dari peternakan lele yang diceritakan itu? Atau hanya gambar2 yang dicomot sembarang untuk mendramatisir judul yang udah dramatis itu?

Baru deh bahas isinya. Di artikel itu diceritakan ada 7 kolam lele yang di sekitarnya dikelilingi kandang babi dan kandang ayam. Tumpukan sampah mengapung di tengah kolam dengan bau menyengat. Kotoran dari kandang babi, ayam dan wc peternak dibuang semua ke kolam lele. Dan itu udah berlangsung bertahun2. Hoek dong muntah2. Fiuuhhh lagii

Saya bukan orang peternakan sih, tapi kalo kondisinya sehoror itu apa iya lelenya gak penyakitan trus mati? Apa yang mau dipanen dong? Iya sih, lele itu emang lebih tahan banting terhadap kondisi lingkungan yang kurang bagus jika dibandingkan ikan2 lain. Makanya ada yang miara lele emang ditujukan untuk menjaga kualitas perairan bukan untuk dibudidayakan dan selanjutnya dikonsumsi.Tapi segak bagusnya kondisi lingkungan tempat hidupnya, ada syarat minimal si lele itu bisa tumbuh dengan baik (kalo ditujukan untuk budidaya ya). Kalo diekspos pake segala macem kotoran dan sampah itu tiap hari yakin deh si lele bakal cepet penyakitan diserang bakteri sama jamur trus mati. (Coba tanya peternak2 lele di Indonesia ya, bukan yang di cina). Lagian jaman sekarang budidaya lele di indonesia udah modern juga kali. Kalopun ada satu dua peternak yang masih suka ngasih tambahan makan kotoran ke lelenya ya gak bisa digebyah uyah juga semua pembudidaya lele itu pasti ngasih makan kotoran ke lelenya. Pembudidaya2 lele modern pasti berang kalo baca isi artikel itu. Susah2 miara lele, dikasih pelet, probiotik, diganti airnya dengan teratur, diobatin kalo penyakitan, dikasih vaksin. Trus tiba2 ada yang semena2 bilang makan lele bikin kanker.

Kalo model beternaknya kaya di artikel itu, ya iyalah lele bisa membahayakan kesehatan. Potensi cemaran logam berat dan cemaran bakteri patogen mengancam para penggemar lele. Makanya untuk menyimpulkan sesuatu harus dilihat fakta di lapangannya gimana. Karena kita di indonesia yang liat peternak2 lele di indonesia. Ambil samplingnya menyeluruh. Jangan cuma karena liat satu peternakan lele yang jorok trus di judge semua peternakan lele juga kaya gitu. Yang setres nantinya kita sendiri lho. Makan ini takut itu takut. Makan ini bahayaitu bahaya. Makan ini bikin kanker itu bikin kanker. Eerrr...

Terlepas dari bener gaknya berita itu, di islam ada konsep hewan jalalah. Hewan jalalah adalah hewan yang secara sengaja/tidak makan pakan najis/kotoran. Untuk bisa mengkonsumsinya biasanya hewan2 ini harus dikarantina beberapa hari dengan tidak diberikan pakan kotoran itu. Gak tau deh kalo lele yang dikasih tambahan pakan kotoran itu dilakukan apa enggak. Kayanya ada istilah berok pada budidaya lele. Biasanya lele yang dipiara di tempat2 'kotor' sebelum dipanen dipelihara di air yang mengalir dulu selama beberapa hari sebelum bisa dikonsumsi.

Sayangnya kita gak bisa mengetahui lele yang kita beli itu dibudidayakan seperti apa, dikasih pakan apa dll. Sebenarnya dalam dunia pangan ada yang namanya konsep traceability/keterlacakan yang terkait dengan keamanan pangan. Sederhananya gini, kita bisa melacak riwayat/asal usul dari makanan yang kita makan. Misalnya diproduksi siapa, kapan, batch berapa, komposisinya apa aja, siapa distributornya, siapa retailernya dst dst hingga sampe ke tangan kita. Berlaku juga untuk produk2 perikanan. Kita bisa menelusuri riwayat sepotong ikan sarden yang kita makan. Ditangkap dimana, kapan, dikalengkan di pabrik mana, ditambah bumbu apa, dijual ke sispa dst2 hingga sampe di piring kita.Tapi konsep ini sepertinya masih sulit diterapkan pada industri2 kecil. Rempong dan rumit. Lagian kita sebagai konsumen juga gak peduli sama riwayat makanan2 yang kita makan. Makan ya makan. Slese. Yang penting doa sebelum makan dan makan pake tangan kanan. Haha.

Jadi kesimpulannya ya gitu deh. Silakan disimpulkan sendiri2. Yang jelas lele itu salah satu sumber protein hewani yang murah meriah. Sayang kalo karena berita2 yang hiperbola orang2 jadi takut mengkonsumsi lele. Bisa bangkrut itu pecel lele lamongan yang menjamur di indonesia. Kalo masalah suka gak suka itu sih preferensi masing2, silakan aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger